Komunikasi
Organisasi
PENGERTIAN KOMUNIKASI ORGANISASI
D
I
S
U
S
U
N
OLEH:
KELEMPOK 1
DESYANA
SARI
431307344
LINDA
ROSITA

UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI AR-RANIRY
FAKULTAS
DAKWAH DAN KOMUNIKASI
2015-2016
BAB I
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Komunikasi/publisistik adalah pernyataan manusia yang
bersifat umum dan aktual yang bertugas menyelidiki secara ilmiah pengaruh
pernyataan itu dari mulanya ditimbulkan orang sampai tersiar dalam pers,radio,
televisi, dan sebagainya serta akibatnya
terhadap si penerima
pernyataan-pernyataan tersebut,( Adinegoro). Dan didalam
komunikasi dalam organisasi terdapat struktur komunikasi dalam organisasi.
Untuk itu dalam makalah ini akan dibahas mengenai Strutur Komunikasi Dalam
Organisasi.
Rumusan
Masalah
1. Apa
pengertian Komunikasi ?
2. Apa
pengertian organisasi?
3. Apa
pengertian komunikasi organisasi
BAB II
PEMBAHASAN
1. PENGERTIAN KOMUNIKASI
Berikut
ini beberapa Pengertian Komunikasi Menurut para Ahli, antara lain:
Komunikasi adalah proses
dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan
maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.
b.
Rogers & D. Lawrence
Kincaid
Komunikasi adalah suatu
proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran
informasi dengan satu sama lainnya, yg pada gilirannya akan tiba pada saling
pengertian yg mendalam.
c.
Shannon & Weaver
Komunikasi adalah bentuk
interaksi manusia yg saling pengaruh mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja
atau tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa
verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni, dan teknologi.
d.
Harorl D. Lasswell
Komunikasi pada dasarnya
merupakan suatu proses yg menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran
apa, kepada siapa? Dengan akibat apa atau hasil apa.
e.
Raymond S. Ross
Komunikasi
adalah suatu proses menyortir, memilih dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian
rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari
pikirannya yg serupa dengan yg dimaksudkan komunikator.
f.
Prof. Dr. Alo Liliweri
Komunikasi adalah
pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami.
g.
Bernard Berelson & Gary
A. Steiner
Komunikasi : Transmisi
informasi, gagasan, emosi, ketrampilan, dan sebagainya, dengan menggunakan
simbol-simbol -kata-kata, gambar, figur, grafik dan sebagainya. Tindakan atau
proses transmisi itulah yg disebut dengan komunikasi.
h.
John R. Wenburg dan William
W Wilmot
Komunikasi
adalah suatu usaha untuk memperoleh makna.
i. Carl I.Hovland
Komunikasi
adalah proses yg memungkinkan seseorang (komunikator) menyampaikan rangsangan
untuk mengubah perilaku orang lain.
Secara sederhana komunikasi dapat
diartikan sebagai kegiatan penyampaian pesan dengan tujuan menyamakan makna
dari seseorang/lembaga (komunikator) kepada orang lain/audiens (komunikan).
Terdapat
beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok sama satu
sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan
sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara
rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali,
dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan),
sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan
efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Menurut para ahli terdapat beberapa
pengertian organisasi sebagai berikut.
a.
Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah
suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan
atasan mengejar tujuan bersama.
b.
James D. Mooney mengemukakan bahwa
organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan
bersama.
c.
Chester I. Bernard berpendapat bahwa
organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan
oleh dua orang atau lebih.
d. Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity)
sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif
dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk
mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
e. Prof Dr. Sondang P. Siagian, mendefinisikanorganisasi ialah setiap bentuk
persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara
formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam
ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan
seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.
f. Drs. Malayu S.P Hasibuan mengatakan organisasi ialah suatu sistem
perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja
sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah
saja.
Jadi
dapat di simpulkan bahwa “Organisasi merupakan wadah yang menampung sekumpulan
orang yang memiliki tujuan bersama dengan memiliki struktur pembagian kerja,
struktur tata hubungan kerja antar kelompok orang pemegang posisi maupun
kejelasan tanggung jawab”
organisasi
merupakan sekumpulan orang-orang, yang ditandai dengan adanya struktur
pembagian tugas, struktur tata hubungan kerja antar kelompok, maupun kejelasan
tanggung jawab. Hal ini dilakukan agar, tujuan yang hendak dicapai oleh
organisasi tersebut dapat dicapai dengan mudah.
3. PENGERTIAN KOMUNIKASI ORGANISASI
Komunikasi
organisasi pada umumnya membahas tentang struktur
dan fungsi organisasi,
hubungan antar manusia, komunikasi dan proses pengorganisasian serta budaya organisasi.
Komunikasi organisasi diberi batasan sebagai arus pesan dalam suatu jaringan
yang sifat hubungannya saling bergantung satu sama lain meliputi arus
komunikasi vertikal dan horisontal.
Menurut Pace & Feules, ada dua
perspektif utama yang akan mempengaruhi bagaimana komunikasiorganisasi
didefinisikan:
a.
Perspektif Objektif
menekankan definisi komunikasiorganisasi sebagai pertunjukan dan penafsiran
pesan diantara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian dari suatu organisasi
tertentu. Fokusnya adalah penanganan pesan, yakni menerima, menafsirkan, dan
bertindak berdasarkan informasi dalam suatu peristiwa komunikasiorganisasi.
Komunikasi dipandang sebagai alat untuk merekayasa atau mengkonstruksi
organisasi yang memungkinkan individu (anggota organisasi) beradaptasi dengan
lingkungan organisasi.
b.
Perspektif Subjektif mendefinisikan
komunikasiorganisasi sebagai proses penciptaan makna atas interaksi diantara
unit-unit organisasi yang menciptakan, memelihara, dan mengubah
organisasi. Fokusnya adalah bagaimana individu anggota organisasi bertransaksi
dan kemudian memberi makna terhadap peristiwa komunikasi yang terjadi.Dalam
arti lain, bagaimana anggota organisasi berperilaku akan bergantung kepada
makna informasi itu bagi mereka.
Dengan demikian, definisi komunikas organisasi
baik dilihat dari perspektif objektif maupun perspektif subjektif adalah
sebagai proses penciptaan dan penafsiran informasi diantara unit-unit
komunikasi sebagai bagian dari suatu organisasi secara keseluruhan.
Dalam konteks demikian, komunikasi
organisasi dipandang sebagai proses mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan
menyebarkan informasi di antara unit-unit organisasi yang memungkinkan sistem
komunikasi organisasi berfungsi secara efektif.
Definisi
Komunikasi Organisasi
a. Pace
& Feules
Komunikasi
organisasi dapat didefinisikan sebagai penunjukan dan penafsiran suatu pesan di
antara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian dari suatu organisasi
tertentu.
b. Devito
Komunikasi
organisasi merupakan pengiriman dan penerimaan pesan baik dalam organisasi di
dalam kelompok formal maupun kelompok informal organisasi.
c. Wiryanto
Komunikasi
organisasi adalah pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam
kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi. Komunikasi formal adalah
komunikasi yang disetujui oleh organisasi itu sendiri dan sifatnya berorientasi
kepentingan organisasi. Isinya berupa cara kerja di dalam organisasi,
produktivitas, dan berbagai pekerjaan yang harus dilakukan dalam organisasi.
Misalnya: memo, kebijakan, pernyataan, jumpa pers, dan surat-surat resmi.
Komunikasi informal adalah komunikasi yang disetujui secara sosial.
Orientasinya bukan pada organisasi, tetapi lebih kepada anggotanya secara
individual.
d. Goldhaber
Komunikasi
organisasi adalah proses menciptakan dan saling menukar pesan dalam satu
jaringan hubungan yang saling tergantung satu sama lain untuk mengatasi
lingkungan yang tidak pasti atau yang selalu berubah-ubah. Definisi ini
mengandung tujuh konsep kunci yaitu proses, pesan, jaringan, saling tergantung,
hubungan, lingkungan, dan ketidakpastian.
e. Katz
& Kahn
Komunikasi
organisasi merupakan arus informasi, pertukaran informasi, dan pemindahan arti
di dalam suatu organisasi.
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan
Komunikasi merupakan
interaksi antar dua orang atau lebih, baik melalui alat bantu maupun secara
verbal dengan fokus utama pada penyampaian pesan yang hendak disampaikan kepada
lawan bicaranya agar dapat dengan mudah dipahami”
Jadi secara garis besar,
bahwa komunikasi merupakan alat atau sebagai media yang digunakan manusia dalam
penyampaian maupun menerima informasi dari lawan bicaranya. Adapun interaksi
ini, dapat terjadi secara verbal maupun dengan alat bantu lainnya. Komunikasi
itu sendiri dapat terjadi manakala setidaknya terdapat penyampai pesan, penerima
pesan, maupun pesan itu sendiri.
Organisasi merupakan wadah yang menampung sekumpulan
orang yang memiliki tujuan bersama dengan memiliki struktur pembagian kerja,
struktur tata hubungan kerja antar kelompok orang pemegang posisi maupun
kejelasan tanggung jawab”
Jadi, organisasi merupakan sekumpulan orang-orang, yang
ditandai dengan adanya struktur pembagian tugas, struktur tata hubungan kerja
antar kelompok, maupun kejelasan tanggung jawab. Hal ini dilakukan agar, tujuan
yang hendak dicapai oleh organisasi tersebut dapat dicapai dengan mudah.
Komunikasi
organisasi merupakan komunikasi antar anggota dalam konteks organisasi dengan
ditandai adanya jaringan pesan yang bersifat ketergantungan satu sama lain.
Jadi pesan atau informasi dalam organisasi ini sangat dibutuhkan anggota dalam
mencapai tujuan organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar